6 Website Dengan Konten Bergizi

November 29, 2013 § Tinggalkan komentar

What’s happening on earth lately? Masihkah dokter-dokter melancarkan aksi mogok kerja selama sehari? Semoga tidak. Karena keberadaan mereka adalah secercah harapan bagi para pasien yang tergolek lemas di bangsal rumah sakit. Apakah aksi sadap-menyadap yang melibatkan Australia sudah usai? Apa kesimpulannya? Sebagai negara, Indonesia telah kehilangan supremasi? Mungkin iya. Kita bukan China, yang berani memboikot produk buatan Prancis saat pembawa obor Olimpiade mereka “dihadang” ketika hendak memasuki negerinya Zidane tersebut.

Forget those serious matter for a while. Gue  ingin berbagi informasi yang, menurut gue, penting terkait dengan aktifitas di dunia per-internet-an. Internet itu bukan cuma Googlenya Larry Page atau Facebooknya Marck Zuckerberg. Ia jauh lebih luas daripada dua website favorit tersebut. Ia memuat semua hal yang ingin kita ketahui.

Acapkali, saat membuka web-web dengan konten pengetahuan, kita dibuat terkagum kagum dan takjub terhadap luar biasanya perkembangan ilmu pengetahuan saat ini. Era informasi yang memungkinkan kita membuka cakrawala dunia hanya dengan mengetikkan hal-hal yang ingin kita ketahui di web browser dan alakazam, it will direct you in a blink.

Gue pribadi memiliki beberapa situs favorit yang sangat bermanfaat menambah wawasan dan hal-hal baru yang ingin kita ketahui. Web yang akan gue share ini semuanya berasal dari luar negeri. Pada lain kesempatan gue akan coba berbagi web lokal yang layak untuk dikunjungi.

Berikut adalah 6 website favorit gue yang penuh dengan hidangan pengetahuan sesuai segmennya masing-masing. Gue ingin berbagi informasi biar kalian juga punya referensi kalo kalo bosen twiteran, cape ngeliat meme path, atau mentok kehabisan pose buat instagram.

 1. TED

Gue menempatkan website ini pada posisi pertama. Tentu bukan berisi cerita stensilan ala boneka beruang “TED” yang populer itu. TED adalah website yang berisi video-video tentang berbagai macam ide yang disampaikan oleh para ahli di bidangnya masing-masing. Psikologi, kesehatan, pendidikan, keuangan dan banyak hal lainnya terangkum dalam setiap cuplikan video yang berdurasi 5-20 menit. tedTED sendiri memilik tagline “World Spreading Ideas”. Beberapa ide tentang hal-hal yang viral di dunia juga banyak diulas dalam kumpulan videonya. Pembicaranya pun bukan orang biasa, mulai dari David Blaine, Anthony Robbins, Malcolm Gladwell hingga Bill Gates. Setelah menonton video-video yang ada di laman TED, lo akan mendapatkan pengetahuan yang luar biasa bermanfaat.

Komunitas TED juga tersebar tidak hanya di Amerika, mereka sudah menjamah banyak negara termasuk Indonesia. Denny Darko pernah menjadi salah satu pembicaranya.

 2. Visual infographic

how-much-does-it-cost-to-be-batman_51e5a08ea22f9_w1500

Pernah dengar Infographic (infografik)? Infographic adalah informasi atau berita yang termuat dalam bentuk grafik dan disajikan secara sederhana. Era pemberitaan dengan ulasan yang lengkap,paparan yang mendetail kini menghadapi tantangan dari informasi singkat namun dikemas dengan unik dan sangat informatif seperti tersaji dalam infografik.

Website ini menyajikan banyak informasi mulai dari yang penting hingga yang bersifat trivia. Dan tentunya, data yang disajikan pada grafik-grafik tersebut bukan sembarang, ia melewati kajian komprehensif sebelumnya. Seperti misalnya infografik dari batman di atas. Terkesan sepele dan lucu namun data di atas sungguh menyuguhkan informasi penting jika suatu waktu Bruce Wayne wafat  dan kalian ingin menjadi Batman Versi Baru. Ssst Indosiar sudah ada Batman versinya sendiri.

 3. Lifehack

Lo pasti sering mendapatkan tips-tips dari berbagai sumber di internet, bukan? Tips menghindar dari penagih hutang, tips tidur tanpa perlu bernapas dan lain-lain. Nah, di Lifehack kamu akan memperoleh berbagai tips yang bermanfaat dalam menjalani kehidupan di dunia yang fana ini. Ngomong apa sih gue.

Lifehack berisi tips tentang teknologi seperti “How to back-up android devices”, pengembangan diri “5 tips to stay positive in negative situations” dan banyak lagi. Berapa banyak? ratusan. Lebih!

Tapi di sini lo ga akan nemuin tips fillet ikan atau tips menghindari bau ketiak. Silahkan tanya Chef Juna.

Situs ini terkesan biasa namun ternyata ia memuat ratusan tips-tips yang dekat dengan kehidupan kita. Tidak hanya memberikan tips namun juga nasihat dan quote-quote agar kita tetap bersemangat. Seperti quote dari Malcolm-X di bawah ini.

quote-Malcolm-X-a-man-who-stands-for-nothing-will-25342

 4. Truth or fiction

Pernah dengar kisah bagaimana Universitas Stanford berdiri? Cerita yang banyak tersebar di forum internet yang kemudian didengungkan oleh para pembicara seminar sebagi sebuah refleksi ketulusan orangtua yang tidak dihargai oleh Harvard.

Awalnya, gue termasuk yang percaya dengan cerita melankolis tersebut. Kisah yang mengetuk empati. Tapi beberapa waktu yang lalu gue tercerahkan setelah salah seorang di forum mengatakan bahwa cerita tersebut adalah fiksi. Dia menyarankan kami untuk membuka web ini guna meluruskan latar belakang berdirinya Stanford.

Cerita menarik lain dari situs ini adalah kisah Kevin Carter, seorang  fotografer yang mendapatkan potret seorang anak kelaparan di daerah rawan konflik, Sudan. Foto yang mengantarkan Kevin mendapatkan hadiah putlizer dan yang juga membuat ia depresi hingga bunuh diri. Apakah kisah ini benar terjadi? ada baiknya kalian membuka situs truth or fiction untuk keabsahan berita.

Selain kisah di atas, kita juga akan disuguhkan berbagai hal yang mungkin masih simpang siur kevalidannya. Dengan demikian kita tidak lagi terjebak dalam berita yang abu-abu dan tidak terseret arus Utama.

5. Dan Ariely and Seth Godin

Dua nama ini mungkin masih asing di telinga kalian. Gue pun pertama kali mengenal mereka lewat video TED dari rekomendasi seorang marketer handal. Mereka sangat narsis hingga webnya pun dinamai dengan nama mereka sendiri. Itu namanya self branding, bro. Oh gitu ya? Iya. Ok.

Dan menyajikan risetnya tentang “apakah kita bertindak atas kemuan kita sendiri”. Ia adalah seorang psikolog dan ekonom. Memaparkan hasil penelitiannya lewat TED dan kemudian termuat dalam buku “Predictably Irrational”. Webnya berisi tentang informasi seputar ekonomi praktis dan psikologi yang menarik. Ia juga memberikan kesempatan tanya jawab.

Seth Godin, pria berkepala plontos ini merupakan salah seorang marketer brilian. Ide-idenya sungguh jauh di luar kotak. Ia memberikan pemahaman tentang kreatifitas dalam marketing seperti kisah “Purple Cow”. Lalu ia juga memberikan gambaran tentang perilaku konsumen yang sangat menentukan  dalam penjualan.

seth godin

Dan adalah psikolog dan ekonom tangguh sementara Seth seorang marketer handal. Kedua web ini sangat cocok buat kalian para entrepreneur.

Web lain untuk para entrepreneur dan marketer adalah Businessinsider, Entrepreneur, dan Hubspot

6. Quora

Quora, web satu ini sedang naik daun. Pucuk pucuk pucuk (ala ulet di iklan teh). Gue mendapati google merekomendasikan “Quora” sebagai aplikasi layak download pada suatu waktu. Quora sangat simple. Berisi tentang orang-orang yang melempar pertanyaan ke forum sesuai dengan kesukaan mereka. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab oleh orang dari seluruh dunia yang menjadi member quora. Sebuah jejaring social yang efektif dan menambah wawasan kita untuk berinteraksi dan memahami seperti apa orang di belahan bumi lain memandang sesuatu.

Quora sangat cocok buat kalian yang kepo maksimal. Kalian bisa bertanya tentang apa saja, dengan sebebas-bebasnya dan dalam tempo waktu sesingkat-singkatnya.

Contoh pertanyaan yang ada di quora baru-baru ini adalah

“What features do you wish facebook had?”

“What are some funny Google search querries?”

Dan banyak lagi pertanyaan bermutu lainnya. Jadi kalau kamu kepengen banget bertanya tentang kegalauan yang bergemuruh di dada, silahkan buka thread di Quora and ask them as you want. Yah paling-paling di’kick’ sama adminnya!.

Kalo menurut kalian, website apa lagi yang memiliki konten ‘bergizi’?

Tagged: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 6 Website Dengan Konten Bergizi at I Think, I Read, I Write.

meta

%d blogger menyukai ini: