Jagoan anak 90-an

generasi 90

Well, gue adalah salah seorang anak produk tahun 90-an. Anak 90-an ini gue definisikan sebagai mereka yang lahir di akhir tahun 80-an atau awal 90-an. Sering banget gue liat di berbagai ulasan media sosial tentang betapa kangennya anak-anak angkatan ini dengan masa kecilnya. Masa kecil yang sangat indah, lebih indah daripada kisah shiren sungkar dan Teuku Wisnu Cinta Fitri yang berepisode-episode itu.

Notabene waktu kecil gue, dan kalian juga pastinya, dihabiskan dengan bermain bersama teman sebaya, berkehidupan sosial dengan baik dan tentunya menikmati televisi dengan tontonan yang wajar dan sesuai dengan usia kami kita. If you know what I mean!.

Saat itu belum ada yang namanya blackberry, tapi kami justru diajarkan bagaimana menjalin kerjasama dalam permainan-permainan tradisional. Interaksi kami nyata, bukan dengan berbagai topeng dan kepura-puraan dalam dunia maya. Kami bermain bentengan, petak umpet, gobak sodor dll. Zaman sekarang permainan tersebut digantikan oleh temple run, angry bird dan yang sejenis yang hanya membutuhkan mata dan kelentikan jari.

Era informasi belum sedahsyat saat ini. Saat dimana orang-orang berkumpul di meja makan, dan sibuk dengan dunianya masing-masing. Kami belum dijejali oleh berbagai gadget yang membuat kami dewasa lebih cepat. Bahkan generasi 90-an adalah generasi yang lambat dewasa, hahaha. Lo pasti sering ngeliat orang-orang dewasa yang masih sering loncat-loncat sambil teriak “kamehameha” atau mereka yang dengan spontan mengucapkan “saatnya berubah” khas power ranger.

Memberikan tuduhan bahwa anak anak di masa kini terlalu cepat dewasa sbnernya agak prematur. Kondisi kejiwaan tersebut sangat dipengaruhi oleh asimilasi teknologi yg berkembang dengan sangat cepat.

Kami adalah produk 90-an. Pada saat itu ragam acara anak-anak memang dikhususkan untuk seusianya. Sebenernya ada banyak banget tontonan anak 90-an. Kalo gue bahas semua bisa bisa 9 bulan 10 menit baru kelar. Gue bahas yang dalam terminologi gue mewakili anime anime secara keseluruhan dan tentunya menarik untuk dibahas. Untuk mengenang masa-masa itu, gue akan mengulas sedikit cerita tentang program tayangan tersebut

1. Power rangers

powerrangerAnak-anak belahan Indonesia mana yang tidak kenal dengan power rangers selama di rumahnya punya tipi (bisa juga numpang nonton di tetangga). Mighty Morphin Power Rangers adalah jagoan kami sewaktu kecil. Serial yang tayang di RCTI ini adalah tontonan wajib setiap minggunya.

Go go power rangers, tet tot tet tot.. bunyi ini bak alarm. Tidak boleh ada yang mengganggu jadwal hari minggu kami. Biasanya tantangan datang dari orang tua yang pengen nonton tinju. Dan saat itu bocah di seluruh negeri kompak memasang wajah memelas. Mirip koala yg lagi sembelit.

Setiap anak punya idola rangersnya masing-masing. Ada yang ingin jadi Jason, Zack, Billy, Triny ataupun Kimberly. Belum lagi duo iseng bull dan skull.

Kemeriahan Power rangers semakin bertambah saat tommy bergabung. Bergabungnya Tommy adalah langkah bijak untuk kemajuan partai. Alamak, ini power rangers bukan partai politik.

Power rangers bukan sekedar tontonan. Mereka menjadi simbol dan idola. Setiap anak yg berjiwa pemimpin atau menjadi ketua kelas, pasti memilih warna merah sebagai jagoannya. Sampe nilai raportnya pun didominasi oleh warna merah. Yang komputer-geek ngefans berat sama billy. Yang cantik-cantik doyan sama kimberly. Alay deh pokoknya.

Pun halnya dengan warna rangers lain adalah sebuah kebanggan tersendiri.

Kami juga akrab dengan tokoh lainnya seperti zordon, alpha hingga para villain seperti rita repulsa dan lord Z.

Oh iya, FYI serial Power Rangers masih ada sampe sekarang loh. Ceritanya juga udah makin ngayal aja. Ada power ranger niinja, power ranger penyihir. Banyak deh pokoknya. Tapi tetep, We miss the old damn mighty morphin power rangers.

2. Kamen rider

kamen rier

Kamen rider atau yang lebih dikenal dengan satria baja hitam adalah jagoan utama anak 90-an. Kotaro minami itu seperti clark kent dalam tokoh superman.

Coba deh lo tanyain ke kakak kakak angkatan 90 an, apa nama jurus kamen rider rx? Mereka dengan fasih menjawab “pedang matahari” atau “tendangan maut”. Kami pun sukses meniru bagaimana kotaro minami bertransformasi menjadi seorang kamen rider.

Kamen Rider Black adalah kamen rider pertama yang tayang di TV Indonesia. Buat kami pada masa itu, Kamen rider bak Yati Octavia di sinetron Senja Makin Merah atau Paramitha Rusady saat berakting di sinetron Janjiku. Apal gini yak. Ya iyalah, gue terpaksa manut nonton, tipi gue disita emak.

Di sekolah pun kami berdiskusi serius tentang bagaimana caranya kamen rider black mengalahkan shadow moon, sang kakak yg berubah menjadi jahat. Atau membahas perubahan mana yg lebih disukai, robo atau bio. Tanpa sadar kami biasanya berkelahi demi mempertahankan pendapatnya masing masing. Yg menjagokan robo akan berpura pura memegang pistol dan yg berpihak pada bio akan memegang batang kayu yang diimajinasikan sebagai pedang.
Dan gue berperan sebagai merry baron.

Semua anak terkena virus satria baja hitam. Semua ingin berubah. Masing masing ingin menjdi satria baja hitam yang gagah berani. Di saat anak masa kini bernyanyi tentang bidadari yg jatuh dari surga. Miris.

3. Sailor moon

sailor moon“Mamoru, maafkan aku” Usagi meminta maaf pada mamoru. “Tidak apa-apa, usagi” Mamoru pun menjawab.

Ahh jauh sebelum ada drama alay seperti twilight atau film di Indosiar yang pake pengisi suara, Sailor Moon sudah mendahului mereka.

Semua cewe generasi 90-an tahu siapa itu sailor moon. Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu. Itu adalah jargon khas sailor moon sambil melipat jari tengah dan jari manis bak artis yg sedang kampanye. Pilih no 3.
Entah apa coba, kalo saja ada guru yang menghukum siswanya yang terlambat masuk kelas sambil berucap “Kamu terlambat, maka dengan kekuatan bulan ibu akan menghukummu”. Gue rasa siswa tersebut besoknya langsung pindah sekolah.

Sailor moon adalah idola cewe-cewe. Ditambah dengan kewl (cool) nya Mamoru alisa tuxedo bertopeng membuat serial ini sangat diidolakan.

Sailor moon adalah anime action-drama yang melibatkan lima orang gadis SMA dalam misi mencari kristal perak. Usagi yang berubah menjadi sailor moon mendapatkan kekuatannya dari seekor kucing bernama luna.

Selain sailor moon, masih ada beberapa serial anime dengan karakter utama perempuan yang nge-hits di era 90 an. Misalnya aja wedding peach. Wedding peach sebenernya lebih absurd daripada sailor moon. Masa mau ngelawan monster pake baju nikahan. Untung nikahannya pake gaun, coba kalo nikah di padang, kan repot bawa tanjak.

4. Samurai x

Penikmat anime, entah itu yang baru kenal ataupun yang geek, pasti tahu kenshindengan yang satu ini. Samurai-X adalah serial dengan alur cerita yang kuat. Tidak melulu menggambarkan pertarungan pedang antara kenshin dan musuh-musuhnya, namun juga sejarah dan kisah yang dicover dengan apik.

Anime ini menurut gue sih anime yang cerdas. Dihentak dengan soundtrack sobakasu, bikin anime ini semakin garang.

Ciri khas kenshin, jagoan dalam cerita ini, adalah pedang bermata terbalik dan luka dengan goretan “X” di pipi kiri. Bekas luka saat dia masih menjadi pembantai. Nah, jangan ngaku-ngaku idola sama kenshin kalo belum bikin goretan luka yang sama. Hahaha.. Bercanda gue.

Kenshin juga menggambarkan karakter orang-orang yang mau melupakan masa lalu yang kelam. Jadi kalo lamaran ente ditolak sama keluarga mempelai, nonton kenshin aja. Ga ada hubungan sih, yah paling ga lo tau gimana cara harakiri😛.

4. Panji manusia milenium

panji

Nah kalo ini jagoan asli indonesia. Primus yustisio berperan sebagai panji. Panji merupakan kstaria pada saat dunia memasuki awal milenium. Warna dasar panji pun ngikutin trend perak yg memang lekat dengan warna milenium.

Musuhnya panji bukan monster loh, kebanyak preman. Pernah suatu kali musuhnya adalah rombongan kapak merah. Entah ini cerita superhero atau pendekar silat.

Sebelum Panji sebnernya ada serial Saras 008. Wah, yang ini mah heboh banget. Mulai dari soundtracknya, bajunya, ceritanya. Jagoan yang satu ini bisa dipanggil. Cukup telepon 008, ntar Sarasnya nongol. Tapi inget biaya lokal sama interlokal beda.

Demikianlah rangkuman dari jagoan anak 90 an. Mungkin ga lengkap. Tapi gue cuma pengen berbagi bahwa ada suatu masa ketika kita memang menikmati tontonan. Mungkin masa kita udah lewat, tapi semoga kita bisa memutar kembali memori kita tentang serial-serial ini🙂.

Sumber gambar : Google

Penulis: andri0204

Pragmatis-oportunis. Menulis ya menulis saja. Sebuah ekspresi dari kecerdasan berpikir

3 thoughts on “Jagoan anak 90-an”

  1. udah liat itu gue bukunyaaa… ngakak2 liatnya. keren itu yang nulis, mengcapture masa SD sampe Teenager era kita. *Jempol polan*

      1. Itu buku buat dibaca di tempat aja, disimak2 stengah jam beres. ga usah beli. *ups*
        wahahaha… what did i write? gw nulis2 curhat ga penting biasanya. kok sampe dikangenin. hihi..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s