Twitter Badass

Juni 6, 2013 § 1 Komentar

Pernah nonton X-Factor Indonesia? Itu loh kontes menyanyi yang udah ada pemenangnya Fatin Foya, anak SMA berkerudung dengan suara blues. Nah, sering dalam beberapa kesempatan, lagu yang dinyanyikan oleh para kontestan X-Factor menjadi World Wide Trending Topic. Iya ya, kok bisa sih? Kalo lo bertanya-tanya, sama halnya dengan gue.

Pasti pada mikir, pasti dong, Pasti aja deh, plis ya mikir plis banget. Beberapa berargumen bahwa jumlah penduduk di Indonesia terbanyak keempat di dunia, wajar aja banyak yang ngetwit dan memenuhi timeline dengan hashtag yang bertendensi mendukung peserta X-Factor. Emang iya? mana datanya? Kalo mau dikorelasikan dengan jumlah penduduk, kenapa Cina yang jumlah penduduknya 1 M lebh ga pernah diumumin masuk world wide trending topic saat acara X-Factor Indonesia berlangsung. *ya iyala, menurut ngana?*

Nah, let me reveal the reason why. Mengapa topik-topik yang hangat di negeri kita dapat dengan mudahnya menjai world wide trending topic. Jadi, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Semiocast, Lembaga riset media sosial yang berpusat di Prancis, pada Juli 2012 Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna twitter terbanyak kelima di dunia di bawah USA, Brazil, Jepang dan Inggris.

Data ini diperoleh berdasarkan lokasi pengguna twitter yang tersinkronisasi dengan GPS. Hebat? Belum seberapa

semiocast

Semiocast juga memberikan data yang menunjukkan bahwa Jakarta menjadi kota dengan aktifitas twitter paling banyak di dunia mengalahkan Tokyo, London dan kota besar lainnya. Dan tahukah anda Bandung, kota kecil itu, berada pada posisi 6. Silahkan jika mau terkejut.

semiocast2

Sekarang udah paham kan kenapa sering banget penyanyi X-Factor jadi populer se jagad time line? Jadi kalo punya produk atau mau ngejodohin temen, lewat timeline aja. Minta temen-temen atau kenalan ngetwit dengan hashtag yang sama. Dijamin bakalan jadi WW TT.

Nah itu tadi cuma pembukaan aja. Gue cuma pengen ngasih gambaran betapa masifnya pengguna twitter di Indonesia. Secara tidak langsung, aktifitas twitter kita termonitori oleh pengguna twitter lain.

Twitter  bisa menjadi sangat bermanfaat bisa juga menjadi badass. Tergantung siapa yang menggunakan. Ibarat pisau, ia bisa digunakan ibu rumah tangga buat motong sayur, daging atau digunakan oleh penjahat buat ngerampok. Jadi dia bermanfaat di tangan yang benar dan sebaliknya. Jangan sampe juga salah pemanfaatan, ibu rumah tangga gunain pisau untuk ngerampok dan penjahat gunain pisau untuk bikin sayur asem.

Di antara perilaku badass yang ada di twitter itu adalah sbb

Twitter Addict

Pada dasarnya, apapun yang berlebihan itu ga baik. Sama kyk kamu kalo suka sama orang secara berlebihan jadinya malah pengen bunuh diri kalo gagal cinta. Suka sama sesuatu itu harus rasional. Ibarat lagu Efek Rumah Kaca “Jatuh Cinta itu biasa saja”. Wait, ini lagi bahas twitter, kenapa jadi ngomongin cinta? ehmm.. maap kebawa suasana.

Twitter addict adalah mereka yang mendedikasikan sebagian besar hidupnya untuk twitter. Apa-apa selalu twitter. Hidupnya bakalan gelap, kelabu, mendung jika kehilangan koneksi internet barang sejam saja. Ciri-ciri twitter addidict

Doyan curhat di twitter

Pernah ga sih lo ngeliat orang yang ngeluh di twitter? gue yakin pasti sering. “Aduh laper, pengen makan nich”. Gue bingung, daripada dia ngetwit which means buang-buang kalori yang akan membuat dia semakin laper, kenapa ga langsung makan aja. Anehnya lagi, sehabis makan dia pasti ngetwit lagi

“Baksonya ga enak, pasti yang digunain daging sapi aborsi”. Nah loh, laper ngeluh, udah dapet makanan ngeluh. Ngeluhnya diceritain pula ke orang-orang  . Ga tau apa di tempat laen banyak yang ga bisa makan.

Pokoknya twitter adalah tempat terbaik buat dicurhatin. Kalo aja Jack Dorsey bisa bikin twitter ngomong, mungkin twitter udah ngeluh dan ngeblock lu yang doyan curhat. Ngapain juga semua orang tahu masalah lo? Orang-orang ga peduli. Semua orang punya masalahnya sendiri. Ngurusin masalah sendiri aja repot, apalagi ngurusin masalah alay yang nyilet-nyilet tangan gara-gara putus cinta. Dan ekspresi orang-orang saat liat curcol di twitter adalah

spongebob

Ekspresif akut

Ciri twitter addict laennya adalah mereka lebih suka pamer segala sesuatunya. Twitter membuat orang yang menggunakannya menjadi lebih ekspresif.

Semua aktifitasnya perlu dan penting banget dikasih tau ke orang-orang. Twitter itu ibarat diari namun semua orang wajib tau isinya. Iya sih hak lo buat ngetwit apa aja di twitter. Dan hak 0rang-orang juga buat ga suka sama lo dan unfollow atau ngeblock. Adil kan? That’s Life.

Bangun tidur, liat jam, bukannya langsung wudhu buat sholat subuh, malah ngeliatin timeline. Ngarep dimention sama gebetan, padahal yang ada  online shop yang mention secara random. Even lagi di kamar mandi pun twitter jadi bagian ritualnya. Sekarang aktifitas di dalam kamar mandi ga cuma mandi, buang air tapi juga ngetwit. Alhasil, kamar mandi lo digedor sama orang serumah yang kebelet.

Suatu ketika saat lo lagi makan di sebuah keramaian, tengoklah kanan-kiri. Pasti ada aja yang moto makanannya. Poto ini kemudian akan dipost ke berbagai social media seperti instagram. Twitter juga pastinya ga akan ketinggalan. Woi, makanan itu buat dimakan bukan dipoto. Apa selesai posting poto lo bisa kenyang? kalo emang bisa, gue mau nyobain. Dan di saat lo mengamati aktifitas-aktifitas poto makanan, popped-up notification menunjukkan “Indah sedang berada di menara BNI lantai 397,5”. Notification 4square yang tersinkronisasi dengan twitter.

Tuh kan, twitter membuat orang bener-bener menjadi lebih ekspresif. Apa aja harus dilaporin. Udah ngalahin hansip aja 1X24 Jam Tamu Harap Lapor. Bukan cuma itu, hingga luka pun di update di twitter

“Ga kok, gue ga addicted sama twitter”. Ok, kalo lo tetep ga mau ngaku. Gue bakalan bongkar semua rahasia lo. Ini yang kamu mau kan, suburrrrr. Demi kiaannn… *sori gue kebawa arya wiguna*. Disini nih kalo mau ngecek lo twitter addict apa bukan –> Twitter addict

Nah jika lo sudah resah dan gelisah dengan menjadi seorang twitter addict, dan ingin tobatan nasuha kemudian naik haji. Coba baca solusi dari wikihow tentang bagaimana mengatasi addicted pada twitter

Debat Kusir

Ini kasir bukan kusir

Ini kasir bukan kusir

Twitter itu adalah sebuah mikroblog. Ia tidak didesain untuk percakapan panjang seperti di facebook. Itulah mengapa jumlah karakternya hanya 140.

Dengan keterbatasan karakter tersebut, twitter tetap menjadi ruang gagasan yang sempurna. Sudah begitu banyak ide-ide bertebaran di twitter jika dan hanya jika kita mau menggalinya. Cukup ketik keyword yang kita mau di twitter search atau gunain hashtag untuk klasifikasi lebih terarah, maka lo bisa menemukan dunia ide di sini.

Apalagi sekrang udah ada “chirpstory” yang bisa merangkum kultwit menjadi lebih rapih dan accessible.

Nah di antara diskusi yang sehat yang menonjolkan argumentasi cerdas, masih banyak orang yang melakukan debat kusir di twitter. Ok, memang berlandaskan penjelasan rasional-argumentatif, tapi ga jarang diakhiri dengan ad hominem. Sebuah logical fallacy yang fatal.

Twitter itu mutlak permainan kata-kata dan ide. Tidak etis jika menyerang ide dengan sebuah hinaan. Karena yang demikian hanya menunjukkan kita tidak mampu menghadirkan ide komparatif sebagai tandingan. Justru kita membuka aib sendiri dengan menghadirkan kebodohan dalam diskusi.

Debat semakin panas ketika mulai menyentuh nilai-nilai agama. Bangsa Indonesia meskipun memiliki toleransi agama yang sangat baik, namun cukup sensitif jika nilai-nilai keagamaannya diusik. Entah sudah berapa banyak akun twitter yang sengaja dibuat hanya untuk menjelekkan agama tertentu.

Sebenernya mengkomparasi agama katakanlah, sah-sah saja dalam dunia twitter. Namun menjadi masalah ketika fokus dalam diskusi tidak lagi menjurus pada nilai-nilai ilmiah dan keluhuran.

Berbeda pendapat juga seharusnya menjadi hal biasa. Perbedaan pendapat harus menjadi khazanah ilmu yang memperkaya akal. Namun di twitter justru tidak jarang sumpah serapah yang terjadi. Ketika argumen sudah terbantahkan, semua cara dicari guna mendukung pendapatnya. Seolah diskusi tersebut berorientasi pada menang-kalah.

Debat ini sudah tidak lagi menjadi konsumsi elitis. Bukan lagi tergolong milik ranah intelek namun sudah menjalar ke debat ga penting. Seperti siapa yang lebih baik, JKT48 atau Cherrybelle. You dont say. Ga penting dua duanya.

Tapi Alhamdulillahnya di negeri kita belom ada kepala negara yang debat dengan menteri-menterinya lewat Twitter Seperti debat di twitter antara kepala negara dan kepala pemerintahan Libanon 

Bullying

Definisi bully dari thesaurus

n. pl. bul·lies

1. A person who is habitually cruel or overbearing, especially to smaller or weaker people.
 

Nah, jadi bully adalah semua jenis aktifitas yang mengintimidasi, mengerdilkan mental baik dengan verbal ataupun non verbal.

Banyak banget aktifitas bully. Mulai dari dunia nyata hingga dunia maya. Verbal abuse semacam bullying adalah aksi yang sangat tidak terpuji. Tekanan mental yang diterima oleh mereka yang mengalami aksi bullying dapat berakibat fatal.

Hanya ada dua catatan yang perlu digarisbawahi dari korban bullying. Melawan dan terhindar dari propagasi bullying lainnya atau diam dan berimbas pada beban moral yang melahirkan dua pilihan. Melepaskan kekesalan dengan menyerang balik orang atau institusi dan atau memendam perasaan terhina dan berakhir dengan bunuh diri.

Masih inget kasus penembakan di salah satu SMA di USA? Penembakan brutal yang dilakukan oleh remaja 17 tahun tersebut dilatarbelakangi oleh dendam karena dia sering dibully oleh teman sekolahnya.

Ok, mungkin aksi bullying pada kasus ini tidak serta merta melibatkan twitter. Tapi tetap saja, semua tindakan yang mencederai harga diri seseorang yang pada dasarnya banyak terjadi di twitter tidak dapat dibenarkan.

Baru-baru ini, media dikejutkan dengan berita seorang promotor musik ditemukan tewas bunuh diri di rel kereta api. Dan kembali, peristiwa ini dilatarbelakangi oleh aksi bullying yang dialami oleh almarhum karena acara  konser musik yang dikomandoinya tidak sukses. Sebelum meninggal beliau sempat posting kekecewaannya di twitter

bobby
Untuk masalah bullying, bukan cuma orang biasa yang sering mengalaminya namun juga rerata pejabat publik tidak lepas dari sasaran. Pejabat teras biasanya menjadikan twitter sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat agar apa yang mereka inginkan dapat tersalurkan dengan baik. Walhasil, tujuan itu tercapai namun dengan berbagai aksi bully yang mengikutinya.

Bahkan Presiden SBY yang membuat akun twitter beberapa bulan lalu, tidak luput dari agenda bully. Terutama pada saat beliau mention girlband 7-icon. Tanpa dikomando, penghuni alam twitter merespon

sby
Untungnya para pejabat tersebut tahan dengan ocehan masyarakat yang menyesakkan. Kalo saja mereka tidak bermental baja, sudah berapa banyak koran nasional memuat berita tentang pejabat yang tewas bunuh diri karena tidak tahan dibully.

Mereka yang menyebut dirinya menyampaikan aspirasi namun tanpa etika adalah para pecundang yang hanya bisa menjatuhkan, bukan mengkritisi dengan itikad membangun.

Virus

Timeline juga bisa menjadi virus. Virusnya menyerang mata. Ini bukan sejenis myopi atau hypermiopi. Virus timeline yang menyerang mata ini dapat seketika membuat lo muak, eneg dan puyeng. Virus itu adlaah virus “alay” di timeline yang ditandai dengan segala macam twit hibridisasi huruf kecil-besar, angka dan disingkat-singkat. Dear God, Sent me away far far from this planet. I dont wanna live here anymore. 

live

Virus orang alay yang cepat menyebar mengalahkan H5N-1. Alay kini sudah menjadi mainstream. Sepertinya orang-orang yang dulu sangat resisten terhadap “kaum” ini sekarang berbalik menggunakan kosakata mereka walau hanya sebatas guyonan.

Kata-kata semacam “miapah” “Kmohhh m4u T4u 47a 4Pa Muuuu T4u bNgeDH” udah ngehits. Dipake oleh siapa aja dan dipopulerkan oleh artis di TV. Sehingga alay pun menjadi terkenal. Bahkan twit raditya dika tentang “alay” menjadi trending topic world wide.

Iseng, gue search di gugel dengan keyword “alay di twitter”. And dude, you know what is google popping up? here is the first page

alay generator

Ada blog yang menyediakan jasa gratis untuk membuat status-status alay. Mari istighfar bareng-bareng. Dan setelah gue coba buka webnya, blog tersebut bersedia mentranslasi bahasa manusia normal menjadi bahasa alay dengan semua pernak-perniknya. Pantesan aja alay semakin menjamur dan kata-kata “eaaa” “ciyus” “woles” sudah menjadi konsumsi umum.

Tapi tenang, menjadi alay pun banyak manfaatnya seperti pembuat password dengan keamanan level dewa. Bisa buka bisnis laundry dengan gaya kucek jemur dan banyak lainnya. Sampe- sampe Owl City yang lagu-lagunya nyetel sama kuping-kuping kita pun “suka” dengan fenomena alay bahkan adam sang vokalis ngetwit seperti ini

owl city

FYI twitter juga sudah mendukung globalisasi alay dengan menambah bahasa interfacenya dengan bahasa gaulnya orang inggris. Jadi kalo menulis kata “home” maka otomatis berubah menjadi “hum”. Mirip kan dengan bahasa alay.

Selamat, Alay kini sudah go international. Menyaingi Mbak Anggun C.Sasmi yang sudah terlebih dahulu atau Agnes Monica yang Go Int’l nya (dari dulu) baru sebatas wacana :).

sumber gambar : google

Iklan

Tagged: , , , , , ,

§ One Response to Twitter Badass

  • Nurul Widya berkata:

    eh bisa ding dikomen, tadi cuma liat di home makanya ga ada fasilitas ini… cetar banget ini kakak, kok yang siyul2 romantisme dunia maya ga dimasukin, kan dalam hati sering jengkel jugaak. haha. “I dont care! ” :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Twitter Badass at I Think, I Read, I Write.

meta

%d blogger menyukai ini: