Bank Mandiri dalam Perspektif Teori Jejaring Sosial

Januari 19, 2013 § 25 Komentar

Mari Melihat Teori Jejaring Sosial

Coba lihat ke dompet anda. Anda mungkin mendapati beberapa lembar pecahan uang kertas. Angkat salah satu uang tersebut dan coba amati. Pernahkah anda berpikir  uang yang anda pegang saat ini, dari manakah asalnya? Dari Bank Indonesia? Betul. Lalu sejauh apakah proses perjalanan uang tersebut hingga tiba ke dompet anda. Berapa jauh jarak yang harus ia tempuh, berapa orang yang pernah menggunakannya? Siapa sajakah orang-orang tersebut? Uang dalam dompet kita menyimpan sejuta rahasia yang unik.

Mungkin hal ini terdengar sepele namun sebenarnya alur yang tercipta sejak uang itu dibuat hingga tiba ke tangan kita menggambarkan sebuah jejaring sosial yang rumit yang menghubungkan kita dengan orang yang belom pernah dikenal sebelumnya. Menghubungkan seseorang dengan orang lain yang memiliki ragam profesi dan latar belakang. Teori yang menggambarkan bagaimana proses sosial terjadi yang dengan menghubungkan orang dengan jejaring yang rumit dikenal dengan teori jejaring sosial.

Dalam teori jejaring sosial, seseorang/sesuatu terikat dengan seseorang/sesuatu yang lain dalam sebuah jejaring yang sifatnya sangat kompleks. Sebuah studi menggambarkan bagaimana interaksi sosial tersebut dapat digambarkan dalam beberapa model.  Dalam buku “Connected, Dahsyatnya Kekuatan Jejaring Sosial Mengubah Hidup Kita” jejaring sosial dari 100 orang dapat direpresentasikan dalam empat jenis model teori yaitu kelompok tak terhubung, barisan ember, pohon telepon dan kompi militer dengan karakteristiknya masing-masing.

Seperti itulah gambaran teori jejaring sosial. Setiap interaksi yang terbentuk dapat digambarkan dalam sebuah visualisasi yang rumit dan sifatnya tidak kaku. Sesuai dengan teori yang telah dijelaskan sebelumnya.

Apa hubungan teori jejaring sosial dengan bank mandiri?

Bank Mandiri

Bank Mandiri

Menurut hemat saya, bank mandiri adalah contoh nyata dari bagaimana teori jejaring sosial berlaku dalam kehidupan. Bank mandiri dengan segala keramahan dan kemudahan fasilitasnya telah menjelma menjadi pusat  dalam suatu proses jejaring sosial. Menghubungkan antar manusia dengan beragam latar profesi, minat, dan sifat.

Dalam penjabaran visi misinya disebutkan bahwa bank mandiri berkomitmen membangun hubungan jangka panjang yang didasari atas kepercayaan baik dengan nasabah bisnis maupun perseorangan. Dengan value/budaya TIPCE nya mandiri menjaga keutuhan posisinya pada sentra jejaring sosial.

Dengan semua fasilitas yang diberikan, bank mandiri menyediakan sebuah ruang interaksi sosial antara si A dan si B, B dan si C dan seterusnya sehingga membentuk sebuah jejaring kompleks dengan bank mandiri berdiri di tengah, membuat jejaring-jejaring serupa yang kemudian membesar.

Pendekatan yang akan saya jabarkan adalah contoh-contoh implementasi jejaring sosial yang dilahirkan dari rahim bank mandiri.

Lihat saja betapa bank mandiri mampu menanamkan jejak jejak awal sebuah kontak sosial. Transaksi keuangan yang lahir dari kreditur dan debitur, aktifitas sosial antara bank mandiri dengan non-nasabah membuat sebuah aplikasi aspek sosial yang berwujud.

Dengan peran sentralnya, semua aktifitas bisa bermuara pada bank mandiri. Aktifitas keuangan kita akan menjadi lebih mudah, lebih aman dan lebih nyaman. Mulai dari kredit tanpa agunan (KTA), kredit perumahan rakyat (KPR), mandiri tabungan, mandiri tabungan rencana, mandiri kartu kredit dan masih banyak lainnya.

Tiga Derajat Pengaruh

Simak saja bagaimana mandiri KTA yang memberikan keleluasaan bagi nasabah yang ingin melakukan proses peminjaman uang tanpa dibebankan agunan/jaminan. Dengan proses yang mudah, semakin banyak peristiwa jejaring sosial yang dapat terbangun.

Mandiri KTA sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan uang secara cepat namun tetap mematuhi prosedur yang ada. Terdapat jenis dan tipe pinjaman sesuai kebutuhan peminjam. Suku bunga relatif ringan, limit pinjaman relatif besar, dan kemudahan dalam persyaratan bagi nasabah yang ingin melakukan proses peminjaman.

Dengan luasnya spektrum fitur mandiri KTA seperti mandiri kredit tanpa agunan reguler, mandiri kredit tanpa agunan payroll, mandiri KTA take over maka semakin banyak jejaring-jejaring sosial yang lahir. Karena pilihan yang bervariasi akan meningkatkan interaksi sosial antar berbagai pihak dengan ragam minat yang luas.

Dalam teori jejaring sosial, dikenal istilah tiga derajat pengaruh. Apa yang terjadi pada seseorang bisa menimbulkan efek (pengaruh) pada orang lain hingga tiga jarak hubungan. Misalkan A melakukan transaksi keuangan di bank mandiri melalui pengajuan KTA. Dengan segala kemudahan yang ia peroleh, A menyampaikan informasi ke B. B kemudian melakukan hal yang sama. Kemudian C yang melihat B  juga akan terpengaruh untuk memanfaatkan KTA tersebut. Lepas dari tiga derajat hubungan, pengaruh tersebut semakin lama semakin menghilang.

Dapat kita bayangkan bagaimana jejaring sosial dapat terbangun secara masif dengan melihat contoh kecil dari transaksi keuangan seseorang yang dapat memberikan efek domino pada orang lain.

Ternyata Menguap itu Menular

yawn
Pernahkah kita menyadari, di saat kita mengantuk dan menguap dengan dan tanpa kita sadari orang-orang yang berada di sekitar kita juga ikut menguap? Atau sebaliknya. Di saat orang yang ada di sekitar kita menguap, kita juga dengan sendirinya akan menguap. Bahkan ketika kita membaca tulisan dengan tema “menguap” , secara spontan kita juga akan ikut menguap.

Berdasarkan penelitian, peristiwa menguap mulai terjadi sejak kita berusia empat tahun dan dipengaruhi oleh sugesti. Lebih jauh, menguap tidak hanya dipengaruhi oleh sugesti. Rasa mengantuk yang diekspresikan dengan menguap berhubungan dengan rasa empati dalam pengembangan sifat kognitf.

Rasa empati ini lah yang sebenarnya dapat menular. Proses menularnya empati ini dapat terjadi jika dan hanya jika terdapat unsur-unsur yang mencuri perhatian dalam aspek emosional.

Bank mandiri dengan mandiri KPR nya, menyediakan kredit bagi mereka yang ingin memiliki rumah. Karena salah satu teknik marketing yang paling baik adalah “mouth to mouth”, kemudahan memiliki rumah dari bank mandiri juga bisa menular seperti rasa kantuk. Menyaksikan seorang kolega memiliki rumah melalui KPR mandiri, kita tersugesti dan berempati untuk memiliki rumah dengan kemudahan fasilitas yang sama. Bisa kita bayangkan bagaimana sebuah perumahan yang diawali dari bank mandiri sebagai pintunya.

KPR atau kredit perumahan rakyat adalah kredit kepemilikan rumah yang diberikan kepada perseorangan untuk pembelian tempat tinggal melalui developer/non developer. Dengan ragam fitur dan keuntungan lain seperti suku bunga kompetitif, proses cepat dan mudah, jangka waktu fleksibel dan berbagai keuntungan lainnya, bank mandiri berperan penting dalam membentuk sebuah komunitas sosial melalui KPR ini, mengukuhkan posisi bank mandiri sebagai sentra jejaring sosial. Dengan bunga KPR 6,75 % fixed selama dua tahun pertama, semakin mudah untuk memiliki tempat hunian.

Teori Kepanikan dalam Keuangan

Peran jejaring sosial dalam masalah keuangan bukanlah hal baru yang terjadi. Seperti studi yang dilakukan oleh dua orang ahli ekonomi Morgan Kelly dan Cormac O’grada yang melakukan analisis pada para nasabah keturunan irlandia di suatu Bank New York selama dua periode kepanikan dalam sektor keuangan pada tahun 1850-an. Hasil analisis menunjukkan bahwa jejaring sosial menjadi faktor utama yang menyebabkan orang-orang melakukan penutupan rekening dalam peristiwa kepanikan yang terjadi. Faktor tersebut mengalahkan rasa pentingnya terhadap jumlah uang dalam tabungan ataupun lamanya nasabah menabung. Emosi yang menular di dalam jejaring sosial lah yang menjadi penentu dalam kepanikan keuangan.

Teori yang sama juga bisa berlaku bagi mereka yang ingin memanfaatkan mandiri tabungan ataupun mandiri tabungan rencana. Ada jejaring sosial yang mempenguhi orang-orang menabung pada kedua jenis tabungan tersebut.  Kemudahan bertransaksi dan fasilitas yang diberikan menjadi sebuah kunci dalam membentuk jejaring sosial yang lahir atas proses komunikasi dan rasa emosi orang-orang yang puas terhadap pelayanan bank mandiri. Mandiri tabungan dan Mandiri tabungan rencana, dua produk yang mengakselerasi kemudahan berinteraksi dengan orang lain.

Mandiri memberikan begitu banyak kemudahan bagi nasabahnya. Hanya dengan setoran awal 500.000 rupiah, kita sudah bisa memiliki tabungan mandiri dengan segala fasilitasnya. Dengan fasilitas jaringan ATM yang tersebar luas, layanan autodebet, dan layanan Automatic fund transfer, kendala jarak bukan lagi menjadi masalah. Mandiri mampu menghubungkan mereka yang terpisah. Pembayaran, belanja, transfer bisa dengan mudahnya dilakukan.

Sementara itu, hanya dengan setoran awal 100 ribu per bulan selama minimal 1 tahun, kita bisa mendapatkan asuransi dan tabungan yang nilai bunganya 0,5% lebih tinggi daripada tabungan mandiri biasa. Tabungan mandiri rencana sangat cocok bagi mereka yang ingin belajar berinvestasi.

Tidak hanya tabungan, mandiri kartu kredit juga mengalami pola jejaring sosial yang sama. Dengan adanya mandiri kartu kredit, semua kebutuhan dapat terpenuhi hanya dengan sebuah kartu. Kartu kredit mampu menembus dimensi kekakuan dalam berbisnis, mempermudah koneksi dalam jejaring sosial agar bisa tersebar luas.

Bisa kita bayangkan betapa jejaring sosial yang terbentuk akan semakin luas dengan mandiri kartu kredit. Kartu tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi dengan orang lain, dalam aspek bisnis, pendidikan, kerjasama lainnya.

Itu hanya beberapa fasilitas dan produk yang diberikan oleh bank mandiri, belum lagi turunan-turunannya yang semakin membuka ruang bagi interaksi/kontak sosial bagi semua orang.

Mexican Wave (La Ola)

"mexican wave"

“mexican wave”

Terkadang jejaring sosial lahir tanpa melibatkan akal dari individu yang terlibat. Sebagai contoh adalah gelombang manusia, mexican wave, yang pertama kali terjadi pada piala dunia 1986 di meksiko. Orang-orang secara spontan berdiri, mengangkat tangan lalu duduk kembali. Para ahli fisika mendapati bahwa fenomena yang terjadi secara spontan ini berlangsung secara rapih searah jarum jam dengan kecepatan konsisten bergerak dengan laju dua puluh tempat duduk per detik.

Penjabaran sebelumnya hanya menceritakan tataran fasilitas yang diberikan oleh bank mandiri kepada para nasabahnya. Ruang lebih luas sudah diimplementasikan dengan menjadi sentra jejaring sosial bagi sektor-sektor lain seperti pelatihan wirausaha dalam bentuk wirausaha mandiri dan berbagai aktifitas CSR yang menghubungkan antar satu titik dan titik lain.

Orang-orang secara tidak sadar melakukan interaksi sosial. Dan lagi-lagi diinisiasi oleh bank mandiri yang mampu memberikan ruang bagi orang-orang untuk menciptakan kontak sosial yang dinamis sehingga menghasilkan simpul-simpul jejaring sosial yang baru

Dalam wirausaha muda mandiri, bank mandiri berusaha berkontribusi bagi perkembangan ekonomi  Indonesia. Kegiatan ini mampu membantu akselerasi entrepreneur-entrepenur baru di Indonesia. Sejak tahun 2007, sudah begitu banyak jejaring sosial yang coba disambungkan oleh bank mandiri melalui sektor UMKM yang mampu menyedot banyak sekali kontak-kontak dan komunikasi antar masyarakat.

Patut digarisbawahi bagaimana wirausaha muda mandiri memfasilitasi lahirnya jejaring sosial tidak hanya bagi mereka yang sehat secara fisik. Misalnya saja juara II kategori industri kreatif startup wirausaha muda mandiri 2012 yang mampu memberdayakan orang yang pernah menderita kusta. Dengan demikian, jurang pemisah antara mereka yang sehat dan mereka yang selama ini termarginalkan, semakin tipis. Tidak ada lagi dikotomi interaksi antara mereka yang sehat dengan yang sakit. Keberadaan para mantan penyandang kusta ini pun semakin diakui sebagai bagian dari masyarakat yang utuh.

Berdasarkan kategori kompetisi, kita dapat menyadari betapa luas ranah yang dijamah oleh kompetisi wirausaha muda mandiri. Mulai dari sektor pertanian, kelautan, pariwisata, dan industri kreatif. Sejak lima tahun ke belakang, sektor yang difokuskan tersebut telah berkembang untuk menjadi agen agen yang menyebarkan kontak sosial lebih luas lagi kepada orang lain.

Tidak ada yang terpisah jauh jika kita memahami teori jejaring sosial. Bank mandiri mampu menjangkau semua orang di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Berdasarkan teori yang dicetuskan oleh Stanley Miligram pada tahun 1960 dan kemudian diperkuat oleh studi Duncan Watts pada tahun 2002, bahwa semua orang terhubung dengan rata-rata enam derajat keterpisahan.  Secara rata-rata, keterpisahan saya dengan siapapun orangnya dan dimanapun lokasinya, hanya berjarak enam derajat.

Jadi dapat disimpulkan bahwa semua orang di dunia ini dapat terhubung. Dengan teori enam derajat keterpisahan, bank mandiri dapat menjangkau setiap orang di setiap tempat. Jumlah lompatan sebanyak enak langkah menunjukkan betapa sempitnya dunia ini.

Berbicara mengenai jejaring sosial tentunya tidak pernah terlepas dari media sosial. Bank mandiri dengan cerdas memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran dan juga komunikasi untuk customernya. Berdasarkan sebuah penelitian, konsumen cenderung memilih produk dengan brand yang mereka follow di twiter sebanayk 67 % dan yang mereka ikuti di facebook sebanyak 51%. Selain facebook dan twitter, bank mandiri juga memanfaatkan fasilitas youtube untuk berinteraksi dan memberikan informasi bagi setiap orang, seperti halnya yang terekam dalam video berikut

Sungguh sebuah ide yang brilian, mengikuti selera zaman.

Seperti itulah peran bank mandiri dalam teori jejaring sosial. Ia berada di pusat jejaring dengan memainkan peran sebagai penghubung antara satu titik dan titik lainnya.

Jayalah terus mandiri, Jayalah terus Indonesia!

Referensi

I. Farkas et al., “Mexican Waves in an Excitable Medium,” Nature 419 (2002) : 131-132

M. Kelly & C.O’Grada, ” Market Contagion : Evidence from the Panics of 1854 and 1857, ” American Economic review 90 (2000)

Tagged: , , , , , , ,

§ 25 Responses to Bank Mandiri dalam Perspektif Teori Jejaring Sosial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Bank Mandiri dalam Perspektif Teori Jejaring Sosial at I Think, I Read, I Write.

meta

%d blogger menyukai ini: