2 April Ke-24

April 2, 2013 § Tinggalkan komentar

24

Hip hip hip…

Gue melompat ke tangga ke-24 dalam kalender tahunan masehi. Setiap 2 April, gue dengan miris dan penuh syukur mengingat pertambahan usia dalam jumlah namun pengurangan dalam hakikat.

Hal pertama yang pengen gue lakuin semalem sebelum usia gue bertambah adalah mengubah judul blog ini. Pas banget ada ide sewaktu liat-liat lini masa. “Ikatlah ilmu dengan menulisnya”, judul blog jadul gue harus mengalami transformasi. Tanpa mengurangi makna dalam judul blog lama dan tanpa mengurangi relevansi dengan isi blog secara paripurna, gue memilih peribahasa latin “Scripta Manent Verba Volant”

Bukan, bukan berarti gue ga cinta Bahasa Indonesia dan sok-sok an bergaya latin. Ibroh kan bisa diambil dari mana saja. Karena menurut gue, judul tersebut sangat pas sebagai tema dari semua isi tulisan yang ada di blog untuk saat ini.

Biar ga penasaran, tagline (slogan) yang sebelumnya adalah “Dengan membaca kita mengenal dunia, dengan menulis dunia mengenal kita” yang notabene gue kutip dari blog Pak Jamil Azzaini, kini diganti dengan definisi literal dari judul blog itu sendiri yang berarti “Spoken words fly away, written words remain”.

Terjemahan bebasnya : Kata-kata itu mudah dilupakan, sementara apa-apa yang tertulis jauh lebih abadi. Sebuah peribahasa yang disampaikan oleh bangsa romawi.

Dan balik ke pertambahan usia yang memasuki usia 24

24 itu adalah simbol waktu. Lambang keperkasaan satuan “jam” dalam satu hari satu malam. Dengan gagah ia melibas semua asa yang tidak patuh pada aturannya. Bahwa masa lalu adalah hal yang sifatnya paling jauh.

Memasuki usia ke-24, gue harusnya makin menyadari bahwa waktu itu cuma 24 jam dalam sehari. Waktu yang tersedia tidaklah cukup mengisi semua lini-lini kedzoliman diri.

Jujur aja, gue masih ngerasa bahwa anak kelahiran tahun 1989 itu tergolong anak yang paling muda di angkatannya. Asumsi ini lahir karena gue belum bisa move on dari hegemoni sekolah. Selama di sekolah, anak 89′ selalu minoritas dibandingkan anak seangkatannya. Karena memang pada umumnya angkatan di sekolah kelahiran 88′.

So, waktu sadar kalo usia sekarang udah menginjak 24, gue cuma bisa bergumam “wow, time flies faster than gravity”

Potongan episode hidup sudah semakin banyak yang terlewati. Ada berjuta masa yang pengen diulang kembali. Mulai dari masa SD yang cuma bisa seneng-seneng, ketawa ketiwi. Lanjut ke SMP, SMA, kuliah dan seterusnya. Semua bisa terlalui dengan status sebagai manusia tunggal. Tidak terdampingi dan hidup bebas, mandiri bak layang-layang yang terbang mengikuti arah angin.

Kini di usia ke-24, sudah saatnya semua berevolusi. Merujuk diri yang terlanjur  tua. Tak pelak corak lain dari kehidupan harus mengisi. Pribadi santun yang didambakan, akhlak mulia yang diharapkan, menjadi sebuah langgam tuntunan yang senantiasa diikhtiarkan.

24 tahun sudah hidup dengan putusan-putusan atas logika yang cacat. Tanpa ada yang berkonfrontasi dengan pikiran namun dekat dalam perasaan. Yang menjadikan ibadah sentiasa lengkap, memenuhi separuh agama, mengikuti tuntunan sang nabi.

Ya Rabb, dengan bertambahnya usia, semoga Engkau berkenan menambahkan keberkahan dalam setiap langkah

Ya Rabb, dengan bertambahnya usia, Hamba memohon bertambah kebaikan yang membawa hamba pada kemuliaan dalam derajat orang bertakwa

Ya Rabb, dengan bertambahnya usia, semoga bertambah kedewasaan dalam segenap kealpaan dan kebodohan.

Semoga Engkau selalu melapangkan ilmu agar Aku termasuk orang yang berpikir.

2 April 2013

Bintaro, Tangerang Selatan

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading 2 April Ke-24 at I Think, I Read, I Write.

meta

