100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

September 10, 2012 § 9 Komentar

Since long time ago, I frequently hear about Muhammad as the most influence people in the world as stated in Michael H.Hart’s Book.

Rasa penasaran tentang isi buku tersebut akhirnya dapat terjawab setelah beberapa waktu lalu, gue melihat edisi revisi buku 100 tokoh paling berpengaruh di dunia. Michael H.Hart, walaupun seorang non-muslim, mengedepankan aspek objektifitas dalam menyusun karya ini. Edisi revisi mengganti beberapa tokoh yang ada pada edisi sebelumnya. Ia mendapat respon yang beragam, pro dan kontra, sejak pertama kali buku ini diterbitkan pada tahun 1978. Banyak orang bertanya-tanya, mengapa Muhammad, bukan Yesus?? Mengapa Muhammad, bukan Albert Einstein?? Apa yang telah ia lakukan sehingga dinobatkan sebagai manusia paling berpengaruh nomor satu di dunia?.

Secara khusus, kredit terhadap Hart yang menempatkan Rasul Muhammad pada posisi pertama harus diapresiasi.

Muhammad menempati posisi pertama karena pengaruhnya dalam menyebarkan islam ke seluruh penjuru dunia sehingga dapat kita rasakan hingga saat ini. Islam tersebar dan semakin berkembang dan menjadi agama dengan pemeluk terbanyak kedua setelah Kristen.

Posisi Muhammad tidak hanya sebagai rasul dan nabi yang menyebarkan agama islam serta segala konsep dan pemikirannya. Muhammad juga berperan sebagai kepala politik dan pemerintahan, sebuah peran yang tidak dilakukan oleh Yesus. Selain itu, Muhammad secara keseluruhan menyebarkan islam secara luas dengan di bawah langsung komandonya. Sementara Kristen tersebar bukan hanya oleh peran Yesus, namun juga oleh tangan Paulus.

Gue pribadi punya pandangan tersendiri. Secara keseluruhan buku ini benar-benar memberikan wawasan tentang manusia manusia pengukir sejarah. 100 tokoh paling berpengaruh di dunia, mengurutkan sosok manusia hebat yang meliputi ilmuwan, seniman, filsuf dan banyak lainnya yang yang dengan tangan dan pikirannya mampu mengubah dunia, mampu mengubah cara manusia memandang dunia, dan mampu mengubah cara manusia menyikapi segala perubahan. Mereka manusia biasa dengan kerja luar biasa. Tidak sekedar mengalir mengikuti aliran yang ada, tapi berani bertindak, bersikap di luar kebiasaan.

Pengaruh yang mereka lahirkan bahkan kita rasakan hingga saat ini. Islam oleh Nabi Muhammad, Kristen oleh Yesus, Budha oleh sidharta, relativitas oleh einstein dan banyak lagi peristiwa dan rekayasa yang kita nikmati sekarang.

Tapi di balik kekaguman gue atas setiap lembar kisah yang ada, terbersit beberapa komentar yang mungkin terbersit juga di benak orang-orang yang pernah membacanya.

  1. Terlalu sedikitnya pembahasan tentang Muhammad, bahkan hanya terkesan pencatutan nama beliau menjadi orang paling berpengaruh. Walau dijelaskan mengapa beliau menempati posisi tersebut tetapi tetap saja kisahnya terlalu dinafikan. Bener jika memang tidak pada tempatnya membahas muhammad panjang lebar, tapi mengapa alasan demikian tidak berlaku untuk shaksepare?. Jika yang lain juga perlu pembahasan lebih panjang silahkan saja. Tapi yang namanya ‘nomor satu’ secara general sudah sewajarnya mendapatkan porsi dan perhatian yang lebih banyak.
  2. Metodologi penulisan dalam mengurutkan nomor tersebut kurang konsisten. Tidak adanya standar yang dijadikan acuan tentang korelasi antara tokoh dan seberapa besar pengaruhnya. Hart hanya membandingkan satu orang dengan beberapa orang lainnya atas pengaruh yang terjadi. Misalkan pengaruh Christoper Columbus yang lebih besar daripada Fransesco Pizarro berdasarkan besarnya luas wilayah beserta penduduk yang mendapatkan pengaruh. Sementara pengaruh penggunaan telepon atau radio dengan kisah sebelumnya tidak begitu terdeskripsikan dengan baik.
  3. Gue penasaran aja, jika memang Hart masih hidup hingga saat ini, dan merevisi kembali posisi 100 besar tersebut.  Bill Gates, Zueckerbeg, Steve Jobs bakal masukkah di dalam jajaran bergengsi itu?
this Apple transform him into great scientist

this Apple transform him into great scientist

Sampai sekarang gue tetep tidak mengerti kenapa Newton berada di posisi kedua, bukan Yesus atau Budha bahkan dengan segala penjelasan yang ada di buku tersebut.

Newton dianggap meletakkan dasar-dasar fisika modern, dan mengembangkan kalkulus. Newton juga menjelaskan teori-teori yang berkaitan dengan alam semesta. Dengan posisinya sebgai manusia paling berpengaruh nomor dua maka gue simpulin bahwa Newton adalah ilmuwan terhebat yang mempengaruhi banyak aspek ilmiah. Tapi secara signifikan, menurut gue pengaruh seorang Isa untuk agama Kristen jauh lebih besar daripada apa yang dilakukan oleh Newton.

Dari 100 nama, puluhan diantaranya belum pernah gue dengar sebelumnya. Entah karena gue yang kurang rajin membaca atau memang ekspos media untuk beberapa nama tersebut tidak se-wah nama-nama lainnya.

Misalnya saja, ada yang tau dengan Gutenberg? Johannes Gutenberg? sang penemu mesin cetak. Beliau terdengar cukup asing di telinga kita. Tidak seperti Thomas Alfa Edison atau Einstein yang sejak kita baru bisa mendengar, namanya begitu familiar dan ikonik. Ada juga agama Mani dan zoroaster, dua agama yang samar-samar terdengar. Kedua agama tersebut diambil dari nabi yang menyebarkan ajarannya.

His work ease your life

His work ease your life

Di dalam buku ini kita bisa menemukan sosok hitler, yang menjadi simbol kebengisan, kengerian, dan kekejaman. Meski begitu, hitler dianggap sebagai seseorang yang sangat berpengaruh pada masanya. Yang dengan kemampuan leadership dan diplomasi mampu mengubah NAZI yang notabene partai kecil menjadi partai yang mendominasi eropa.

Hart bertutur bahwa sejrah yang terukir bisa terjadi oleh hanya orang-orang tertentu, dan ada sejarah yang terjadi hanya kebetulan. Dalam arti, sejarah tersebut ada meskipun sang tokoh tidak pernah lahir.

conquer with blood

conquer with blood

Banyak hal yang gue baru tahu. Gue baru sadar betapa kejamnya Columbus terhadap bangsa Indian. /Gue juga baru tau siapa itu penemu kertas, penyebar agama budha, raja pendiri tembok cina dan beragam spektrum pengetahuan lainnya.

Sekarang bagaimana dengan kita? Apakah tenggelam bersama lautan sejarah yang dibuat oleh tokoh-tokoh tersebut. Atau memainkan sendiri peran kita dalam sejrah kita sendiri sebagai orang yang berpengaruh, yang mempengaruhi orang lain dengan segala pemikiran, kebaikan yang kita punya. Pilihan ada di tangan kita.

Iklan

Tagged: , , , , , , ,

§ 9 Responses to 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

  • abz89 berkata:

    Assalaamu’alaikum,
    Mau nanya om, itu di buku Hart, di antara 100 orang itu ada Paulus ga?

    Soalnya ane pernah baca di literatur, ada buku yg menuliskan beberapa orang yg berpengaruh di dunia itu (tapi lupa penulisnya siapa) ada Paulus yg ktnya lebih tinggi peringkatnya dibanding Yesus (pbuh). Berhubung yang mendirikan kristen adalah Paulus sendiri, bukan Yesus (pbuh).

    Wallahu ‘Alam bishawab

    Trims
    Wassalaam

  • andri0204 berkata:

    Wlkmslm..

    Di buku yang ane baca, Paulus ada di peringkat lima kalo ga salah.
    Di dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa Yesus sebagai pendiri dasar dasar dogma agama kristen sementara Paulus berperan sebagai penyebarnya. CMIIW

    • abz89 berkata:

      Owh ane cuman penasaran aja apa buku yg ane baca reviewnya itu buku ini, berarti bener, jd inget deh, makasih bos.

      Wah pernyataan bukunya krg tepat tuh.
      Yesus tdk pernah membuat dogma kristen
      bahkan pengikutnya (hawariyyin bin naufal) sekalipun

      Pauluslah yg membuat dogma tersebut, ajaran yg disebarkan Paulus bahkan berlawanan dengan ajaran Yesus sendiri.

      Ane tau itu dari buku Ahli Kitab dan Sejarawan Yahudinya sendiri
      Alhamdulillah di antara mereka masih ada yang mau jujur 🙂
      Tapi judul dan penulis bukunya ane lupa, maklum udah tua :))

      Wallahu’allam

  • andri0204 berkata:

    ahaha….
    ente lebih tau daripada ane bro. perdalam aja ilmunya, siapa tau bakal bisa jadi kristolog handal. gantiin ahmad deedat 🙂

  • paulus penipu berkata:

    knp bkan paulus yg nomer wahid? Tokoh hebat yg sudah membodohi 2,5 miliar pengikutnya (kristen) selama 2000 tahun lamanya terhipnotis dogma sesat tanpa sadar… jesus bukan apa2 tanpa paulus , paulus otak pendiri kristen dan bible 90% berisi bualan paulus yg menyimpang dr ajaran jesus… Tanpa dusta paulus jesus tdk akan dkenal dunia , ajaran paulus (kristen) menempatkan jesus hanya sbg simbol bodoh pake sempak ditiang salib , namun ajarannya dianggap sampah dganti dg ajaran paulus yg sesat… Ajaran paulus mempengaruhi peta sosial politik budaya dunia khususnya bangsa barat sampai kini , dan sbg agama terbesar dunia (kristen) ajaran sesat paulus pun mendominasi dunia , pantas kiranya paulus menjadi nomer wahid… Pendusta terbesar sepanjang sejarah manusia (dajjal laknatullah beserta pengikutnya).

  • andri0204 berkata:

    sabar pak..
    terimakasih atas informasinya 😀

  • andi berkata:

    kristen itu Agama buatan manusia, yg kitabnya slalu di ubah setiap masanya.
    & mereka tinggal nunggu Azab dari Allah aja

  • ds berkata:

    Karena Yesus Tuhan, bukan manusia. Ya Kristen memang agama, dan memang semua agama adalah buatan manusia. Cuma Iman yg menjadi hubungan kita dengan Tuhan, bukan Agama.

  • andri0204 berkata:

    Yesus tuhan ya. waktu yesus inkarnasi jadi manusia, tuhannya siapa mbak/mas?
    smua agama buatan manusia? wah pengetahuan darimana itu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia at I Think, I Read, I Write.

meta

%d blogger menyukai ini: