Saya bukan orang suci

September 16, 2011 § 2 Komentar

Pernah denger kalimat “saya bukan orang suci”? dalam diskusi atau dialog ringan dengan orang di sekitar anda? biasanya kalimat itu muncul ketika diskusi mulai masuk ke dalam pembahasan moral, etika dan kebaikan yang kita lakukan. Ketika pembicaraan beranjak serius dan masuk ke dalam zona dimana moral harus dikedepankan maka tanpa menginjak rem sedikit pun diskusi tersebut tertunda sejenak untuk mendengar sebuah kalimat “saya sebenernya bukan orang suci” atau kalimat sejenis yang seolah menjauhkan aksen moral.

Ada beberapa kemungkinan mengapa sebagian besar orang (terutama orang indonesia) malu untuk mengatakan hal positif yang pernah dilakukan. Pertama takut riya. Padahal kan riya itu ibadah yang mengharap ridho selaen Allah. Kalo kita menyampaikan kebaikan yang pernah kita lakukan agar orang laen melakukan kebaikan yang sama yah ga masalah toh. Tinggal gimana kita menjaga hati agar apa yang kita lakukan terhindar dari niatan yang salah.

Alasan yang kedua adalah takut dibilang sebagai orang suci. Mengapa aktifitas positif harus diawali dengan preambule yang direkatkan dengan predikat orang suci. Seolah hanya orang suci yang bisa melakukan tindakan tindakan yang bermoral. Seolah hanya ulama yang boleh melakukan kebaikan. Bukankah dalam setiap gerak gerik kehidupan seorang manusia harus mengedepankan etika dan moral dalam kesehariannya. Terlebih lagi di Indonesia dimana agama sudah mengejawantah dalam kehidupan.

Alasan yang ketiga adalah karena memang budaya orang Indonesia yang penuh dengan basa basi. Orang Indonesia terkesan dengan budaya yang tidak blak-blakan dalam menyampaikan idenya. Karenanya mereka terkadang malu untuk bilang-bilang hal baik yang dilakukan. Maka jadilah kalimat “saya bukan orang suci” tersebut sebagai tameng.

Jadi tidak perlu malu untuk bercerita kepada orang lain tentang kebaikan yang kita lakukan. Selaen itu apa yang dikhawatirkan dengan predikat orang suci?

Iklan

Tagged: , , ,

§ 2 Responses to Saya bukan orang suci

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Saya bukan orang suci at I Think, I Read, I Write.

meta

%d blogger menyukai ini: