Foto itu…

Desember 21, 2010 § Tinggalkan komentar

Masa lalu sadar atau tidak kita sadari adalah sesuatu yang paling jauh dari hidup ini. Bagaimanapun kita berusaha, kita tidak akan pernah bisa kembali ke masa lalu barang sedetikpun. Ia hanya bisa dikenang dengan melihat kembali siluet yang mungkin diabadikan dengan berbagai cara. Mungkin dengan alasan inilah kamera ataupun handycam diciptakan, guna menghimpun puing-puing kisah yang berserakan entah di mana.

Setiap inci cerita seolah tertuang dalam kisah yang disajikan dalam potret kaku tak bernyawa.

Kini, gw akan bercerita foto-foto selama 4 tahun keberadaan gw di kampus ganesha ini. Berbagai cerita akan terpampang  jelas dari foto yang ada. Tentunya ga semua foto gw tunjukkin di sini. Cuma foto-foto gw di studio foto aj bareng temen2 dengan berbagai cerita dan makna hingga gw mampu berkata bahwa foto itu…

#Strength, Brave, Solidarity

Foto itu menggambarkan strength, brave and solidarity. Inilah foto pertama gw bareng temen-temen angkatan sekaligus foto di studio foto pertama gw di bandung.

Foto ini menggambarkan keceriaan kami sebagai sebuah angkatan. Strength, brave and solidarity menjadi tagline angkatan ini, kimia 2006. Kekuatan, keberanian dan solidaritas seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Hebatnya tagline ini kemudian diserap menjadi lirik yel angkatan yang akhirnya bertransformasi menjadi yel himpunan.

Inilah kimia 2006, dengan segala kisah dan cerita yang terukir indah dalam lembaran lembaran episode mahasiswa kimia. Kini angkatan ini tidak lagi utuh, terpisah-pisah mengejar asa dan cita. Tapi gw yakin suatu saat kami past kembali bahwa kami masih memiliki rasa itu, strength, brave and solidarity.

#berlima selalu bersama

Rame-ramean

Foto itu untuk yang berlima dan selalu bersama. yap, inilah foto bareng temen2 terbaek gw selama di kampus ini khususnya ketika menginjakkan kaki di kimia. Dulu kita kompak banget berlima. Mulai dari bikin tugas pendahuluan, laporan hingga ujian kita selalu saling bantu. Tapi, kita saling bantu dalam artian positif untuk segala sesuatu dengan label ujian. Nah, kalo masalah laporan sama tugas pendahuluan kita saling bantu membantu dalam keburukan…huh 😛

Masih seger banget di ingatan gw gimana kami (sebenernya gw ga ikut2an) ngedit laporan master dan ngerjain laporan semalem sebelum dikumpulin. Selain itu, kita pasti nginep di markas sebelum ujian. Markasnya adalah ruangan sekitar 4×5 m dengan cat tembok berwarna hijau dengan kasur busa dan beberapa kasur lainnya, di dalamnya terdapat komputer yang digunakan untuk mengerjakan proyek pengeditan lapran serta Dota in Action, hehe. Kami lebih mengenal kosan itu dengan kosan ubai, karena yang punya emang ubai..

Ga cuma buat belajar atau bikin laporan doang. Markas ini kami jadikan sebagai tempat singgah dari segala penat kuliah dan ujian. Biasanya kami curhat dan cerita ngalor ngidul di kosan ini. Seminggu sekali kami mentoring agama juga di markas kami yang sederhana ini. kedekatan yang ada ini membuat kami jadi akrab satu sama lainnya.

Kini kami sudah berpencar. Eki kini bekerja di perusahaan polimer di Tangerang, Ubai meraih mimpi-mimpinya untuk menjadi entrepeneur, gilang jadi abdi negara dengan memilih untuk bekerja di LIPI, Ipul masih bersaing dengan job seeker lain (tinggal satu tes lagi di Pindad di saat tulisan ini ditulis), dan gw sendiri yang memilih untuk menyambung kuliah di kimia.

Banyak cerita seru yang kami habiskan bersama. Di antara kisah itu tidak selalu berujung indah. Tidak jarang kami ribut karena hal-hal sepele. Tapi itu semua tidak mengerdilkan makna persahabatan kami.

#Gagal Maning gagal maning

Masih inget dengan kata-kata itu? Itu tuh, yang sering diucapin sama musuhnya ucil dalam serial tuyul dan mbak yul. Serial jadul yang dulu sangat digemari. Kurang lebih artinya adalah gagal lagi gagal lagi. Tapi di sini gw ga akan bercerita tentang ucil lebih jauh melainkan tentang temen satu kelompok praktikum.

Yang namanya mahasiswa jurusan kimia, praktikum sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Layaknya romeo dengan juliet, Samson dan delilah ataupun surti dan tejo?? *no offense. Saking cintanya kami dengan praktikum, setiap hari dan setiap waktu kami selalu menyelipkan istilah-istilah tersebut dalam obrolan sehari hari, misalnya saja

“eh, tau ga, masa bapak gw ngasih uang bulanan ga presisi sih..*ngek
atau… “kamu menetralkan asam cintaku dari buret hatimu *hoek, gombal parah.

Nah, karena praktikum yang nyaris setiap hari maka gw harus ketemu temen sekelompok yang nyaris itu-itu aja mukanya. Secara pembagian kelompok berdasarkan nim, dan gw yang punya nim 69 pasti dapet kelompok yang nimnya 65,67 dan yan deket2 sama 69.

ini nih temen sekelompok praktikum

Lantas, apa hubungan sama gagal maning??
Jadi, mau praktikum apapun itu baik kimia fisik, kimia organik, anorganik, biokim maupun analitik kita selalu gagal,,,,What a riot 😀

Yang paling bikin menyesakkan adalah praktikum kimia organik. Sebuah keajaiban jika kami berhasil mendapatkan kristal selama percobaan yang kami lakukan. Nasib kami tampaknya tidak seberuntung itu. Padahal di kelompok ini ada sofi, icha, eva, vonny yang rajin luar biasa. Mungkin faktor gw, rady sama agung yang bikin kacau percobaan…haha.

Foto tersebut tidak memuat semua kelompok praktikum gagal maning. Cuma ada gw, icha, rady sama sofi. And you know what, gara-gara praktikum yang selalu bareng ini cinlok pun timbul antara sofi-rady, ckckckk…

#Ga lupa nama ga lupa temen

Foto ini diambil sewaktu kita habis foto buat syarat kelengkapan wisuda. Ga direncanain sebelumnya buat foto bareng. Kebetulan aja kita foto waktu itu pake jas sama blazer. Jadinya sayang kalo ga dimanfaatin momennya buat foto bareng. Akhirnya kita foto dengan komposisi yang ada.

Itu foto temen lab gw, dan ga semuanya ada di foto itu karena udah gw bilang sebelumnya foto itu dadakan. Yang gw suka dari foto itu adalah kata-kata ga lupa nama ga lupa temen. Yap, memang foto sejatinya mengabadikan momen kebersamaan kita bareng temen biar kita ga lupa nama ga lupa temen sampe kapanpun.

#Anak2 Fasttrack Kimia’06

Fasttrak? Track cepat? apaan tuh…Mahasiswa kimia yang ikut kebut-kebutan atau balapan y? Oops, bukan saudara saudara. Fasttrack di sini tidak ada hubungan dengan balap mobil atau balap karung, lho!

Fasttrack adalah program yang diadakan oleh ITB dan prodi kimia sebagai upaya akselerasi untuk mahasiswa sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang magister dengan program pendidikan selama 5 tahun hingga mendapatkan gelar magisternya, dipangkas satu tahun dari masa pendidikan magister yang seharusnya.

Mahasiswa kimia ITB angkatan 2006 yang mendapatkan kesempatan untuk fasttrack ada 36. Tapi hanya 26 saja yang mengambil bagian itu. Sisanya punya jalan hidup masing2. Kembali, untuk mengabadikan momen kebahagiaan mahasiswa fasttrack kimia’06 maka kami jeprat jepret di studio poto

Di antara mereka, 9 di antaranya menempuh pendidikan di Belanda lebih tepatnya di Groningen dan Eschende Twente. Semoga kelak kami bisa kumpul bareng lagi.

#eL Ka FM 105.06

Ini bukan promosi stasiun radio yah. 105.06 adalah nim sarjana kami mahasiswa kimia sementara eL Ka FM adalah singkatan dari Laboratorium Kimia Fisik Material. LKFM adalah laboratorium tempat kami bereksperimen, laboratorium tempat kami bercanda, laboratorium tempat kami bersama atau bisa gw simpulin LKFM adalah laboratorium kehidupan kami *lebai edition.

Banyak cerita yang telah kami ukir di lab ini. Mulai dari belajar sebelum ujian, persiapan seminar dan sidang sarjana, perayaan ulang  tahun, hingga nginep bareng. Untuk yang terakhir rasanya sudah menjadi agenda wajib kami. Ada atau tidak ada pekerjaan yang dilakukan di lab kami menjadikan sekali dalam seminggu untuk ngumpul bareng.

 

Foto-foto di atas menjadi sebuah metoda untuk membangkitkan kenangan masa lalu kita, walau kita tidak pernah bisa mengulang masa lalu setidaknya foto bercerita  tentang apa yang pernah terjadi di masa itu. Karena foto itu memiliki banyak makna. Karena foto itu angkatan ini memiliki strength, brave and solidarity.

Foto itu juga mengajarkan gw bahwa berlima kami selalu bersama
Foto itu mengingatkan gw sama temen praktikum yang selalu gagal hingga tercetus nama kelompok gagal maning
Foto itu bikin kita ga lupa nama hingga kita ga lupa temen
Foto itu juga menghimpun anak2 kimia fasttrack 06
Dan foto itu juga adalah eL Ka FM 105.06

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Foto itu… at I Think, I Read, I Write.

meta

%d blogger menyukai ini: