Tesis dan Orisinalitasnya

Agustus 19, 2010 § 1 Komentar

Berbicara mengenai tesis akan membawa kita pada sebuah dimensi akademik dengan strata yang tinggi. Tesis sebagai bentuk karya tulis haruslah memiliki unsut-unsur kelayakan dan kepantasan hingga layak dijadikan sebagai perwujudan dari kesiapan seorang mahasiswa magister. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan aspek kognitif seperti kualitas analisis, keakuratan dalam pengolahan data melainkan juga perlu ditonjolkan aspek “attitude” atau sikap dalam melahirkan tesis dari rahim ide seorang mahasiswa.

Sikap seorang mahasiswa dalam kesehariannya dapat termanifestasi dalam keaslian atau orisinalitas tesis yang dihasilkan. Orisinalitas bermain dalam setiap domain kualitas baik itu pengumpulan data, pengolahannya, sumber data (referensi) hingga aspek terkecil pun harus tetap memegang teguh nilai-nilai keorisinilan. Dengan demikian karya yang dihasilkan tidak hanya memenuhi aspek inteligensia melainkan juga mengakomodasi nilai nilai moral sehingga insan akademis yang lahir bukan produk perguruan tinggi yang sekuler namun manusia pembelajar yang berakhlak.

Pentingnya menjaga orisinalitas karena hal ini dapat menjadi cermin dari perilaku seseorang. Mahasiswa yang selalu memagari tulisan-tulisannya dengan koridor orisinalitas akan senantiasa mewarnai kehidupannya dengan kejujuran dan kedewasaan. Dua poin penting ini merupakan nilai moral yang harus dipenuhi untuk tetap berada pada jalur yang baik dan benar dalam berkarya. Kejujuran akan menuntun seorang mahasiswa untuk tidak memanipulasi data, plagiat maupun tindakan curang lainnya karena ia yakin setiap tindakan yang dilakukan pasti ada yang mengawasi. Kejujuran akan dilengkapi oleh sebuah kedewasaan. Kedewasaan dalam berpikir maupun kedewasaan dalam bertindak. Kedewasaan akan membuat segalanya tampak lebih mudah dan kedewasaan juga dapat terus memupuk semangat optimisme dalam membuat tesis. Pada akhirnya keaslian sebuah tesis tidak hanya akan dipertanggungjawabkan di dunia namun lebih besar lagi tanggung jawab di akhirat..

Iklan

Tagged: ,

§ One Response to Tesis dan Orisinalitasnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tesis dan Orisinalitasnya at I Think, I Read, I Write.

meta

%d blogger menyukai ini: