Kembalikan semangat menulisku

Maret 18, 2010 § Tinggalkan komentar

Hingga tanggal 19 maret baru tiga buah tulisan yang aku muat di blog ini. Banyak hal yang menghambatku untuk menghasilkan karya-karya terbaik. Salah satunya adalah tugas akhir yang terus-terusan ‘memaksa’ untuk dengan segera diselesaikan. Dosen pembimbing selalu menasihati (jika tidak mau dibilang menegur) bahwa aku harus spend waktu lebih banyak jika berniat lulus Juli. aku pun mengikuti instruksi tersebut sembari manggut-manggut, inggih pak!

Tulisan yang dimuat pun beririsan dengan jumlah kunjungan maupun komentar yang mampir dan menghuni kediaman tempat tulisan ini bernaung. seolah kelesuanku dalam menelurkan ide memberikan sebuah energi tolakan dari orang lain untuk mengunjungi blog yang sederhana ini. temanku mengatakan bahwa tema yang kugunakan sangat jelek dan seharusnya diganti. Aku pun menganggap usulan tersebut hanya sebatas gurauan sekali lewat dan tidak meresponnya dengan baik. Tapi nyatanya ia benar. Tema ini seolah mengaburkan minat para pembacanya. hmppfh..

Setelah aku survey kecil-kecilan menyelami blog-blog dengan berbagai alamat yang telah kubuat aku menemukan fenomena yang serupa. Dari sekian banyak blog yang aku kunjungi, sebagian besar masih memposisikan tulisan yang telah kulihat sejak beberapa waktu lalu sebagai tulisan teratas. Blog-blog tersebut ternyata juga tidak diupdate. wah,ada keteraturan nih tampaknya. Bahwa sebagian besar bloger tersbut juga menghadapi masalah dalam memberikan waktu lebih untuk berkreasi.

teringat ucapan Pak Budi Rahardjo, salah seorang dosen ITB, yang mengatakan bahwa jika ingin melihat sebarapa sibuk seseorang dalam kesehariannya maka lihatlah jumlah tulisan yang dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. semakin sibuk maka semakin sedikit karya yang dihasilkan. Ada benarnya menurutku. meskipun kesibukan tidak bisa dijadikan variabel mutlak yang menghambat bloger untuk menulis.

sekian lama tidak membuka jejaring WordPress membuatku penasaran. Akhirnya tanpa dibekali sebuah niatan yang cukup untuk menulis, aku mengetikkan ide-ide yang tergantung di langit imajinasi. Mencoba menstimulus kembali semangat menulis. Akhirnya aku mencoba menceritakan kegalauanku tentang jumlah tulisan yang minim di bulan ini yang sekarang sedang aku tuliskan.

Aku pun mencoba mengganti tema dengan tema yang lebih fresh. itu menurutku. Tapi memang, kondisi saat ini sedikit banyak akan mempengaruhi fokusku dalam menulis. masih untung aku tetap bisa berkreasi lewat tulisan meskipun tidak cukup berbobot. lumayan daripada tidak sama sekali. Aku berharap dapat segera menyelesaikan tugas akhir ini agar bisa membuatku jauh lebih tenang. Dengan demikian aku bisa menghasilkan karya yang lebih banyak dan lebih baik. Amin

wish me luck. . .

ditulis Jumat dini hari seusai merayakan milad salah seorang teman. sebuah kejutan yang menggembirakan. ^^

Tagged: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kembalikan semangat menulisku at I Think, I Read, I Write.

meta

%d blogger menyukai ini: